2 Cara Melaporkan Orderan Fiktif Grabcar, Grabbike & Grabfood

Diposting pada

Cara Melaporkan Orderan Fiktif – Bekerja sebagai driver online grab memang ada kelebihan dan kekuranganya. Pekerjaan ini bisa dilakukan secara flexible, sangat cocok untuk sampingan mencari penghasilan tambahan. Namun terkadang pasti ada saja kendala yang didalami drivernya. Seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu mendapatkan orderan fiktif.

Orderan fiktif biasa disebut juga opik oleh kalangan driver, orderan ini sifatnya adalah pesanan palsu yang mengorder tetapi tidak ada orangnya. Orderan fiktif hampir di jumpai disetiap layanan seperti grabbike, grabcar, grabfood dan grab express.

Contoh orderan fiktif misalnya seseorang memesan layanan grab, tetapi orang tersebut tidak bisa di hubungi oleh driver. Sehingga driver dibuat bingung karena tidak bisa menyelesaikan orderan yang diterimnya. Memang bisa saja di selesaikan, tetapi akan terkena kode etik grab menyelesaikan pesanan tanpa membawa penumpang dan itu biasanya akan dikenakan sanksi berupa akun grab dinonaktifkan sementara.

Solusinya hal yang bisa dilakukan adalah membatalkan pesanan dari driver, namun itu akan berakibat menurunnya performa akun dan sulit untuk mendapatakn bonus insentif grab.

Contoh lain adalah orderan grabfood, ketika makanan sudah dipesan tiba-tiba yang memesan hilang entah kemana atau membatalkan pesanannya. Ini membuat driver mengalami kerugian karena perlu diketahui makan yang dibeli uangnya ditanggung oleh driver terlebih dahulu untuk yang melakukan pesanan dengan metode pembayaran uang tunai.

Oleh karena itu driver wajib tahu bagaiaman cara melaporkan orderan fiktif, supaya pemlik akun yang melakukan opik tersebut bisa di tindak lanjuti oleh grab.

6 Langkah Cara Melaporkan Order Fiktif Grab

cara melaporkan orderan fiktif

Sebelumnya perlu diktehahui bahwa laporan order fiktif ini hanya untuk memberitahukan kepada grab bahwa telah ada yang membuat pesanan palsu, jadi tidak akan membantu driver secara langsung untuk mengatasinya. Tetapi setidaknya ini bisa membuat para pelaku mendapatkan efek jera, karena akunnya bisa di nonaktifkan bila terbukti.

  • Pertama kunjungi link laporan order fiktif di grb.to/LawanOpik
  • Selanjutnya isi halaman formulir yang tersedia mulai dari,
  • Nama Kota Domisli tempat beroperasi
  • Kode Booking ( Bisa ditemukan di riwayat perjalan, kode booking diawali ADR/IOS )
  • Pilih kategori order fiktif apakah dihubungi berulang kali tidak bisa, cancel tanpa keterangan, minta dijalanin tanpa penumpang, atau yang lainnya bisa di input manual
  • Klik Berikutnya Jika sudah benar.

Sampai disini cara melaporkan orderan fiktif telah selesai, hal yang harus dilakukan adalah tinggal menunggu saja. Laporan akan di proses oleh grab untuk di cek dan di tindak lanjuti jika memang terbukti benar telah membuat pesanan palsu.

Cara Klaim Order Fiktif Grabfood

Khusus untuk grabfood jika menemukan opik dan makanan sudah dipesan duluan, dapat mengajukan klaim agar uang pembelian bisa di ganti.

  • Pertama buka aplikasi grab driver dan masuk ke menu Bantuan dan pilih Pusat Bantuan
  • Pilih Grabfood
  • Pilih lagi Keluhan Grabfood
  • Kemudian terdapat pilihan dan tekan pada Saya Ingin Mengajukan Reimburstement/ Penggantian Uang
  • Isi form yang disediakan, mulai dari memilih perjalanan, deskripsi orderan fiktif, struk belanjan, tanda terima, dan foto pihak panti ( makanan yang telah dibeli harus diberikan ke pihak panti atau yang lainnya )
  • Klik Kirim Jika sudah selesai

Jika klaim diterima maka pengantian uang akan dikirm ke dompet tunai driver, proses akan dilakukan selama hari kerja.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara melaporkan orderan fiktif grab bike, grabcar, dan grabfood. Semoga bisa membantu bangi yang sedang mengalaminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *